10 Fakta Menakjubkan Buah Apel. Nomer 9 Paling Menggembirakan!

Posted on

Pepatah inggris mengatakan : An apple a day keeps the doctor away. Artinya, mengkonsumsi satu buah apel setiap harinya dapat menjauhkan Anda dari pergi ke dokter. Apakah anda pernah mendengar pepatah ini?

Usut punya usut pepatah tersebut bukan sekadar pepesan kosong belaka. Untuk membuktikannya, The Florida State University melakulan sebuah studi khusus dan menyimpulkan bahwa apel adalah buah “ajaib” karena memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

Berikut adalah 10 manfaat yang bisa Anda rasakan jika rutin mengkonsumsi buah apel.

1. Mencegah Gangguan Pernapasan

Untuk membuktikan klaim ini, sebuah studi di lakukan Utrecht University pada kelompok ibu hamil yang rutin mengkonsumsi buah apel secara rutin. Hasilnya, mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat menurunkan resiko penyakit asma pada anak yang di kandungnya hingga 53% di bandingkan dengan kelompok ibu hamil yang tidak mengkonsumsi buah apel selama masa kehamilan.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Salah satu antioksidan yang terkandung dalam buah apel yakni quecertin di percaya dapat mengurangi resiko kematian sel saraf. Klaim ini di publikasikan lewat sebuah jurnal di Experimental Biology and Medicine.

Journal of Alzheimer’s Disease juga mengklaim bahwa mengkonsumsi buah apel secara rutin dapat meningkatkan produksi neurotransmiter asetilkolin di otak sehingga dipercaya mampu memperbaiki daya ingat dan menurunkan risiko Alzheimer.

3. Memangkas Kadar Kolesterol

Benarkah? Sebuah penelitian yang diterbitkan di Experimental Biology pada tahun 2011 telah membuktikannya. Studi tersebut dilakukan pada 160 wanita usia dengan rentang usia 45–65 tahun yang rutin mengkonsumsi buah apel selama setahun.

Hasilnya, kelompok yang rutin mengkonsumsi buah apel mengalami penurunan kadar kolesterol LDL (kolesterol “jahat”) sebanyak 23% dan mengalami peningkatan HDL (kolesterol “baik”) sebanyak 4%.

4. Menurunkan Resiko Stroke

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2008, bahwa pria dan wanita yang rutin makan buah apel selama 28 tahun mengalami penurunan risiko strok infark (penyumbatan).

Kandungan antioksidan flavonoid quercetin di dalam buah apel diklaim dapat membantu menurunkan resiko stroke jika di konsumsi secara rutin.

5. Mengurangi Resiko Kanker Payudara

Faktor resiko kanker payudara memang cukup beragam. Namun, berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry, konsumsi apel satu buah setiap harinya diklaim dapat mencegah kanker payudara.

Sebetulnya selain apel, mengkonsumsi buah dan sayuran segar lainnya secara keseluruhan dengan rutin juga dapat membantu menurunkan resiko kanker payudara.

6. Menurunkan Resiko Diabetes

Penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal yang dilakukan pada 187.382 orang di Inggris, Amerika dan Singapura, melaporkan bahwa kelompok orang yang rutin makan apel, anggur, kismis, blueberry dan pir tiga porsi setiap minggu mengalami penurunan risiko diabetes tipe 2 dibandingkan dengan kelompok yang tidak mengonsumsi sama sekali.

7. Melawan Wasir

Buah apel memiliki kadar serat yang cukup tinggi sehingga dapat meringankan kerja pencernaan Anda sehingga BAB pun akan lancar. BAB yang lancar adalah salah satu faktor yang membantu Anda terhindar dari penyakit wasir.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa BAB yang tidak lancar adalah salah satu penyebab penyakit wasir.

8. Mencegah Obesitas

Ingat pepatah inggris di awal artikel ini? Satu buah apel sehari tak hanya menjauhkan Anda dari dokter tetapi juga obesitas. Studi terbaru yang dilakukan oleh Washington University dan diterbitkan di Food Chemistry pada tahun 2014 menyebutkan, konsumsi apel secara rutin dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri “baik” di dalam usus dan mencegah obesitas.

Kadar serat yang tinggi juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga keinginan untuk ngemil menjadi berkurang.

9. Menaikkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C dalam apel memang tak setinggi buah jeruk, tapi itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C tubuh Anda.

Satu buah apel berukuran sedang memiliki kandungan vitamin C sebesar 8 mg dimana itu dapat memenuhi 14% kebutuhan harian vitamin C Anda.

10. Menjaga Kesehatan Gigi

Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah apel dan juga kandungan anti bakteri di dalamnya diklaim dapat membantu menyingkirkan bakteri dan virus yang bersarang di gigi sehingga menurunkan resiko gigi berlubang.

Selain itu, mengunyah buah apel membantu Anda memproduksi lebih banyak air liur di mana enzim dalam air liur membantu mengurangi bakteri dan virus jahat di lapisan gigi.

Nah, itulah 10 manfaat buah apel untuk kesehatan Anda. So, masih ragu mengkonsumsi buah apel secara rutin? Tapi, pastikan Anda mengkonsumsi buah-buahan dalam keadaan perut kosong agar di cerna lebih optimal.

Sumber : Klik Dokter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *