3 Alasan Logis Kenapa Karir Anda Mentok

Posted on

Karir tidak naik-naik, sudah bertahun-tahun kerja namun posisinya mentok disitu-situ saja mungkin itu contoh keluh kesah seorang pekerja kantoran yang sering terdengar di telinga Anda. Sebuah kegelisahan yang sering diucapkan dengan nada kesedihan dan frustasi yang sangat tinggi.

Mungkin banyak alasan untuk menjewab kegelisahan para pekerja kantoran itu, nah berikut ini ada 3 kemungkinan jawaban secara singkat yang mungkin bisa membantu Anda dalam menghadapi permasalahan tersebut.

Simak ulasan berikut ini dengan seksama.

A. You Don’t Deserve To Be Promoted

Anda tidak layak untuk di promosikan, ya itulah jawab pertama permasalahan yang Anda hadapi. Bisa jadi ini karena memang kemampuan Anda yang pas-pasan atau sikap profesionalitas anda yang kurang sehingga membuat atasan enggan mempromosikan untuk naik jabatan.

Apabila kemungkinan hal tersebut yang menjadi penghalang, hal yang utama adalah tanyakan pada diri Anda sendiri. Belajarlah untuk kerendahan hati dan berbesar jiwa untuk mengakui kekurangan diri sendiri. Karen hal itu diperlukan untuk mengukur kekuatan diri sendiri dan bisa menjadikan tolak ukur untuk lebih semangat dalam bekerja.

Proses ekxplorasi diri bisa berjalan dengan semestinya apabila perusahaan memiliki career coach yang handal. Dengan begitu untuk mengasah kompetensi dan mindset Anda akan berjalan dengan efektif. Namun tidak banyak perusahaan yang ada di Indonesia ini yang berani menyediakan tenaga career coach yang handal untuk menunjang kinerja karyawannya

B. Prestasi Oke, Tapi Tidak Mendapatkan Feedback

Ketika prestasi Anda sudah bagus, kerja sudah dengan maksimal namun masih mentok disitu-situ saja itu mungkin karena manajeman perusahaan yang tidak begitu memperhatikan kinerja Anda yang sudah bekerja maksimal untuk perusahaan itu sendiri. Bisa jadi salah dalam menunjukkan kelebihan yang Anda miliki kepada pemimpin perusahaan itu.

Namun kali ini tidak akan membahas bagaimana cari muka di hadapan Bos. Namun kali ini yang akan dibahas adalah dalam sebuah karir ada sebuah keterampilan yang dikenal dengan “Impression management”. Hal itu merupakan sebuah keterampilan untuk menunjukkan kemampuan Anda kepada atasan dengan cara yang lebih elegan dan bermartabat.

Di dalam sebuah lingkungan perusahaan sebuah subyektivitas dan perasaan masih memegang peran penting dalam keputusan promosi. Jadi kemampuan Anda untuk mengenal impression management perlu ditingkatkan. Karena sebuah pengorbanan yang sudah dilakukan harus bisa dihargai dengan layak oleh perusahaan tersebut.

C. Salah Dalam Memilih Perusahaan

Jawaban yang ketiga ini mungkin terlalu kurang enak didengar. Ya jawabannya adalah Anda salah dalam memilih sebuah perusahaan untuk bekerja. Maksud dari penyataan ini adalah sebuah perusahaan yang kecil yang karyawannya berkisar 500an orang dan belum memiliki cabang di area lain.

Jadi apabila Anda bekerja dalam perusahaan seperti ini berbicara mengenai career planning merupakan hal yang sulit. Karena untuk mengincar posisi yang anda inginkan hanya tersedia sedikit, berbeda dengan perusahaan yang besar yang memiliki posisi yang banyak untuk menjadi pilihan.

Karir Anda bisa naik apabila ada atasan Anda yang pensiun, itu merupakan waktu yang sangat lama untuk menunggu. Oleh karena itu sangatlah beruntung apabila Anda bekerja dalam sebuah perusahaan dengan skala besar atau nasional karena banyak tersedia posisi manajerial yang bisa Anda duduki. Dan karir Anda akan selalu mengalami peningkatan.

Nah itu semua beberapa ulasan mengenai alasan kenapa karir Anda mentok. Semoga bisa membantu dalam memecahkan masalah yang Anda hadapi. Dan hanya satu kata yang perlu Anda ingat yaitu sesungguhnya Anda sendiri yang bisa menciptakan masa depan Anda.

Sumber : Strategi Manajemen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *